Kamis, 10 September 2009

Tentang Arachnids


Arachnids, atau dalam dunia ilmu pengetahuan disebut Arachnida, adalah salah satu kelas dalam Filum Arthropoda. Mareka memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- tubuh terdiri cephalothoraks (kepala-dada) dan abdomen (perut), kedua bagian dapat dibedakan dengan jelas, kecuali pada Acari,
- memiliki empat pasang tungkai,
- alat mulut berupa sepasang penghisap, memiliki kelenjar racun untuk melumatkan mangsanya.
Anggota Aracnida meliputi:
1. Laba-laba (Araneae)
2. Tungau dan caplak (Acari)
3. Kalajengking (Scorpiones)
4. Kalacemeti (Amblypygi)
5. Kalacuka (Uropygi)
6. Harvestmen dan daddy long legs (Opiliones)
7. Kalajengking palsu (Pseudoscorpion)
8. dan beberapa ordo minor lainnya.
Mereka hidup diberbagai habitat, tetapi sebagian besar di darat; beberapa hidup sebagai parasit pada hewan, tumbuhan, dan manusia. Sebagian besar arachnids adalah predator, sedangkan yang lainnya adalah parasit dan pemakan sampah. Sebagai pemangsa, arachnid memiliki mangsa yang bervariasi, meliputi serangga dan Arthropoda lainnya, hingga burung dan Amphibi.
Beberapa orang menganggap laba-laba dan kalajengking sebagai serangga, padahal mereka sangat berbeda. Perbedaan itu antara lain terletak pada pembagian ruas tubuh (serangga terdiri dari kepala, troraks, dan perut), jumlah pasangan tungkai (serangga memiliki 3 pasang tungkai), dan adanya antena pada serangga. Pemahaman yang praktis mengenai ciri-ciri morfologi Arthropoda penting untuk dapat membedakan mereka berdasarkan aspek taksonomis.
Manusia terkadang menganggap hewan-hewan itu berbahaya, mungkin karena penampilan mereka yang menakutkan. Faktanya hanya sebagian kecil dari mereka yang memiliki racun yang berbahaya bagi manusia, dan dapat menimbulkan kematian. Sebut saja laba-laba janda (Latrodectus sp) yang ditakuti di Amerika. Di Indonesia sendiri beberapa scorpion yang sengatannya menimbulkan rasa sakit. Laba-laba katel (Theraphosidae) juga dapat menimbulkan gigitan yang menyakitkan, tetapi tidak ada laporan kematian oleh gigitan laba-laba besar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar