Jumat, 07 Mei 2010

Panggilan kelompok minoritas

Laba-laba sejati (Araneae) ditambah dengan Acari menyusun 87,5 % dari total arachnid yang telah diketahui di muka bumi. Besar kemungkinan jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat temuan jenis-jenis baru untuk kelompok ‘mayoritas’ tersebut intensitasnya masih tinggi. Opiliones, Scorpiones, Pseudoscorpiones, Solifugae, Schizomida, Amblypygi, Uropygi, Palpigradi dan Ricinulei merupakan ordo-ordo anggota Arachnida di luar kelompok laba-laba sejati. Jika jumlah jenis-jenis anggota kesembilan ordo tersebut (sebut saja kelompok ‘minoritas’) dijumlahkan, maka hanya akan menyusun kurang lebih 12,5 % dari total spesies anggota Kelas Arachnida.

Penggunaan istilah minor pada kelompok ordo di atas berdasarkan menurunnya jumlah jenis yang dideskripsi (Prendini 2001). Penurunan publikasi jenis baru pada ordo-ordo minor dihubungkan dengan dua faktor utama. Keanekaragaman jenis yang kecil (sebagaimana telah disebutkan) merupakan faktor yang pertama. Sedangkan faktor kedua adalah penurunan jumlah ahli spesialis ordo-ordo yang disebut di atas. Kondisi tersebut nampaknya mengkhawatirkan untuk masa depan pengembangan arachnology, belum lagi ditambah dengan pengetahuan mengenai aspek biologi yang masih jauh dari komprehensif.

Dari uraian sangat singkat di atas, saya tulis: Banyak makhluk-makhluk kecil di sekitar kita, tetapi kita belum sepenuhnya menyadari keberadaan mereka, atau malah justru menutup mata rapat-rapat. Padahal tidak ada hal yang sia-sia dari makhluk ciptaan-Nya.

Photo: A 'scorpion' on my helmet...a symbol of minority? i'm not sure yet...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar