Selasa, 27 Juli 2010

Pedansa handal: Cosmophasis spp

Cosmophasis sp. (Dok. Sidiq Harjanto)

Cosmophasis adalah salah satu marga anggota Famili Salticid beranggotakan sekitar 42 jenis yang telah terdeskripsi (Platnick’s catalog 2010). Mereka relatif mudah ditemukan di tajuk-tajuk yang rendah, dan sering juga ditemukan di herba termasuk pisang. Laba-laba ini dapat dikenali dari corak warna-warni pada tubuhnya, terutama pada jantan. Seksual dimorfisme nampak jelas pada beberapa jenis anggota marga ini. Selain perbedaan warna, betina biasanya memiliki tubuh yang membulat dibandingkan dengan jantan yang umumnya lebih ramping.

Salah satu yang menarik dari Cosmophasis adalah kemampuan unik mereka dalam ‘beratraksi dansa’. Lim dan Li (2004) berhasil mendeskripsi tarian perkawinan pada laba-laba jantan dan tarian agonistik antar pejantan pada salah satu jenis Cosmophasis, yakni C. umbratica. Jenis ini memiliki sebaran dari India hingga Sumatera, meskipun tidak menutup kemungkinan juga ada di Jawa.

Laba-laba jantan memiliki cara unik dalam menarik pasangan mereka. Saksikan saja atraksi si jantan Cosmophasis berikut…



Foto: Cosmophasis sp.
Ref:
Lim, Matthew L.M.; and Li, Daiqin. 2004. Courtship and male-male behaviour of Cosmophasis umbratica Simon, an ornate jumping spider (Araneae: Salticidae) from Singapore. Raffles Bull of Zool, 52(2): 435-448.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar