Sabtu, 06 Maret 2010

The Most Favourite Spider

Di antara banyak jenis laba-laba di dunia, mungkin kelompok tarantula adalah yang paling dikenal orang. Laba-laba ini memiliki popularitas yang tinggi mengingat rata-rata ukuran tubuhnya yang besar, sehingga beberapa enthusiasts mengkoleksi puluhan jenis laba-laba Fam. Theraphosidae ini sebagai hewan kesayangan.

Di Jawa ada beberapa jenis tarantula (lazim disebut ‘katel’), tetapi mungkin Marga Selenocosmia yang paling sering dijumpai. Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri ‘berburu’ laba-laba ini di perbukitan Menoreh, berharap menemukan jenis langka S. javanensis. Saya memulai perburuan dengan mencari sarang mereka. Sarang tarantula berada di tanah, biasanya di pematang/terasering, berupa lubang yang ditutupi dengan jaring-jaring yang tidak beraturan. Adanya jaring-jaring itu yang membedakan sarang laba-laba dengan sarang arachnid lain, misalnya kalajengking Heterometrus. Untuk melihat apakah sarang tersebut masih dipakai atau tidak, maka harus membuka jaring pelan-pelan, dan biasanya seekor tarantula akan terlihat dalam posisi siaga.

Pada perburuan itu saya berhasil mendapati beberapa sarang tarantula, namun sayangnya sebagian besar sudah tidak dipakai. Hanya dua sarang yang berisi tarantula, itupun berukuran kecil (hanya sebesar jari), dan saya tidak dapat memastikan jenis maupun tingkat kedewasaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar