Selasa, 13 April 2010

Apakah anda orang yang tidak mudah tertipu…?


Siapakah sebenarnya penipu paling ulung di dunia…? Mungkin tidak ada orang yang tahu pasti… Ah, itu semua tidak terlalu penting untuk di bahas. Yang lebih penting adalah, apakah Anda termasuk orang yang tidak mudah tertipu…?

Berikut ini adalah sebuah tes sederhana untuk melihat tingkat kehati-hatian Anda…
Inilah pertanyaannya:

1. Pernyataan manakah yang menurut Anda paling tepat untuk foto di atas?
a. Saya yakin foto seekor semut, dengan kepala di sebelah kanan
b. Saya yakin foto seekor semut, dengan kepala di sebelah kiri
c. Saya yakin foto seekor semut, tapi saya ragu-ragu mana kepala, mana perut…
d. Saya ragu-ragu apakah itu benar-benar seekor semut
e. Saya yakin itu bukan foto seekor semut

Nah apakah jawaban Anda?
Jika Anda menjawab a, Anda termasuk orang yang cukup berhati-hati…tapi nampaknya Anda kurang beruntung, karena masih saja tertipu…
Jika jawaban anda b, nah ini paling celaka…Anda tertipu dua kali ….
Kalau jawab c, Anda juga cukup berhati-hati mencermati…tapi tetap saja Anda tertipu
Bagi yang menjawab d, Anda lebih beruntung daripada yang menjawab a,b, dan c. Tapi semoga keraguan Anda cukup beralasan.
Nah yang menjawab e….selamat, Anda orang yang tidak mudah tertipu!! Tapi semoga saja Anda punya alasan yang jelas memilih opsi d…bukan faktor luck…

Jadi memang benar, dalam foto itu bukan seekor semut. Jika dicermati lebih detail lagi beberapa hal ganjil yang cukup jelas: 2 mata besar menyeramkan itu jelas bukan mata seekor semut, dan ‘antenna’ itu bukan keluar dari kepala, melainkan dari bagian dada (thorax), jadi lebih tepat dibilang sepasang tungkai terdepan yang dimodifikasi. Trus satu lagi, mana ada semut punya pedipalpi gitu…dia telah menipu kita kawan2…hahaha. She is a spider…yes, an ant mimicking spider!

Foto: ant-mimicking spider from Menoreh (Salticidae) oleh Sidiq Harjanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar