Senin, 19 April 2010

Mereka yang dikaruniai penglihatan luar biasa

Hyllus diardi (Dok. Sidiq Harjanto)

Sepasang mata median anterior (AME) itu tampak besar, jauh lebih besar daripada ke enam mata lainnya. AME mudah digunakan untuk membedakan Famili Salticidae dari famili lainnya. Seperti sebagian besar laba-laba lainnya, salticid memiliki 8 mata, tetapi pada umumnya sepasang mata median di deretan belakang berukuran sangat kecil sehingga sulit diamati dengan mata telanjang.

AME bisa dikatakan spesial bagi laba-laba kelompok ini. Penglihatan mereka jauh lebih baik daripada rata-rata sebagian besar invertebrata terestrial lainnya. Enam otot yang berbeda bekerja pada AME, dan mata dilengkapi dengan 3 opsin sehingga mereka memiliki penglihatan trikromatik (Hill & Richman 2009). Dengan penglihatan yang baik, sebagian besar salticid hidup diurnal dan mengandalkan mata mereka untuk menemukan mangsa dan membantu sistem navigasi.

Pada foto di atas, nampak seekor laba-laba salticid menunjukkan sikap siaga dengan mengangkat dua pasang kaki depannya. Eksperimen sederhana dengan menghadapkan laba-laba peloncat ke bayangan mereka di cermin seperti dalam foto di atas mungkin dapat menjadi bukti bahwa laba-laba itu memiliki penglihatan yang tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar