Sabtu, 10 April 2010

Mereka memang unik!

Rata Penuh
Ini adalah beberapa fakta mengenai laba-laba, yang menurut saya unik:

1. Sampai saat ini, tak kurang dari 38.000 jenis telah diketahui. Araneae merupakan ordo terbesar ke-7 untuk semua organisme.

2. Semua laba-laba menghasilkan benang dari organ yang disebut spinerret, tetapi tidak semuanya membangun jaring. Selain kelompok pembuat jaring, ada kelompok lain yang menggunakan benang sebagai ‘safety rope’.

3. Sebagian besar laba-laba menunjukkan dimorfisme seksual yang kuat, betina lebih dominan. Pada beberapa jenis, laba-laba jantan harus melakukan ‘ritual percumbuan’ khusus untuk sekedar mendekati betinanya agar tidak dimakan.

4. Beberapa laba-laba lainnya bereproduksi secara parthenogenesis.

5. Jika bagian prosoma (cephalotorak) seekor laba-laba ditusuk, maka laba-laba itu tidak bisa menggerakkan tungkai-tungkainya. Hal ini karena laba-laba menggunakan sistem hidrolik untuk menggerakkan alat-alat gerak mereka.

6. Laba-laba peloncat memiliki penglihatan tajam, bahkan dapat mencapai 10 kali lebih tajam daripada capung, serangga dengan penglihatan terbaik. Meskipun demikian, manusia memiliki penglihatan 5 kali lebih tajam daripada laba-laba peloncat.

7. Venom (agar tidak rancu dengan poison) laba-laba dihasilkan oleh organ khusus di dekat basal chelicera dan disuntikkan menggunakan dua buah taring di bagian depan prosoma. Racun tersebut bersifat neurotoksin.

8. Semuanya jenis yang diketahui adalah predator, kecuali Bagheera kiplingi (Salticidae) sebagai jenis pertama yang diketahui sebagai herbivor.

(dari berbagai sumber)
Foto: spinerret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar